Setelah ditunggu tunggu oleh para pecinta otomotif, akhirnya motor sportmatic yang paling sukses di Indonesia diluncurkan pada awal Desember 2019.
Berikut ini berbagai fitur unggulan Yamaha All New Nmax yang kami rangkum dari berbagai sumber.
PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) resmi meluncurkan All New NMax 155 pada Senin (2/12/2019) di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat.
Kehadiran All New NMax ini bukan hanya mengandalkan facelift saja, karena sudah mengusung mesin baru yakni 155cc dengan teknologi Blue Core dan Variable Valve Actuation (VVA).
Yamaha All New Nmax ini menyematkan berbagai teknologi baru seperti keyless, rem ABS (anti-lock braking system) dual channel, lampu hazard dan spidometer full digital.
Fitur Fitur Unggulan
Yang paling menarik, Yamaha All New NMax 155 juga menjadi motor pertama buatan Indonesia yang dapat terkoneksi dengan ponsel pintar.
Berikut keunggulan utama dari teknologi CCU ini seperti dikutip dari otomotifnet :
1. Parking Location
Aplikasi Y-Connect akan menyimpan lokasi parkir motor (lokasi terakhir saat motor unpair/disconnected dengan smartphone)
2. Phone & Message Notification
Memberikan notifikasi*** di layar speedometer jika ada panggilan atau pesan/email masuk ke smartphone.
3. Recommended Maintenance (Engine Oil & Battery)
Membantu pengguna mengetahui kondisi oli mesin dan voltase baterai (accu) serta memberikan rekomendasi untuk maintenance.
4. Fuel Consumption
Membantu pengguna menganalisa pemakaian bahan bakar saat berkendara.
5. Malfunction Notification
Memberikan notifikasi melalui email jika terjadi masalah pada motor.
All New NMAX 155 hadir dengan Total New Engine 155 cc dengan teknologi Blue Core dan Variable Valve Actuation (VVA).
Teknologi Blue Core & VVA menjaga mesin 155 cc tetap efisien bahan bakar dan tenaga serta torsi maksimum di setiap putaran mesin.
All New NMAX 155 juga sudah dilengkapi dengan Stop & Start System (SSS) yang berfungsi untuk menjaga konsumsi bahan bakar agar tetap efisien pada saat motor sedang berhenti.
Serta didukung Smart Motor Generator (SMG) yang membuat suara motor lebih halus saat dinyalakan.
Selain itu mesin baru All New Nmax 155 memiliki desain baru air cleaner box yang besar, desain new cylinder head dengan katup intake yang besar, serta desain ruang bakar (combustion chamber) yang compact dan menggunakan piston YZF-R15.
Desain body All New Nmax 155 juga dirancang dengan desain rangka baru yang berkontribusi meningkatkan kualitas dan kenyamanan berkendara.
Hal ini pun mengoptimalisasi fungsi suspensi depan dan belakang. Chassis yang didesain rigid menghasilkan comfortable riding dan maneuverability yang lebih baik.
Spesifikasi Mesin

Mesin Yamaha All New NMAX 155
Tipe Mesin Liquid cooled 4-stroke, SOHC
Jumlah/Posisi
Silinder
Single Cylinder
Kapasitas Mesin 155cc
Diameter x Langkah 58,0 mm x 58.7 mm
Perbandingan Kompresi 10,5 : 1
Daya Maksimum 11.1 kW / 8000 rpm
Torsi Maksimum 14.4 Nm / 6000 rpm
Sistem Starter Electric Starter
Sistem Pelumasan Basah
Kapasitas Oli Mesin Total – 1,00L ; Berkala 0,90L
Sistem Bahan Bakar FI (Fuel Injection)
Tipe KoplingKering, Centrifugal Automatic
Tipe Transmisi V-belt Automatic
Dimensi Yamaha All New NMAX 155
P x L x T 1.955mm x 740mm x 1.115mm
Jarak sumbu roda 1.350mm
Jarak terendah ke tanah 135mm
Tinggi tempat duduk 765 mm
Berat isi 127kg
Kapasitas tangki bensin 6,6L
Rangka Yamaha All New NMAX 155
Tipe Rangka Underbone
Suspensi DepanTeleskopik
Suspensi Belakang Unit Swing
Ban Depan 110/70 – 13 M/C 48P
Ban Belakang 130/70 – 13 M/C 63P
Rem Depan Single Disc Brake
Rem Belakang Single Disc Brake
Kelistrikan Yamaha All New NMAX 155
Sistem pengapian TCI
Battery YTZ7V
Tipe Busi NGK/CPR8EA-9
Kontrol Traksi
Yamaha NMAX 2020 menjadi skutik 150-155 cc pertama yang pakai kontrol traksi.
Sesuai namanya, kontrol traksi TCS berguna untuk mengurangi risiko ban belakang selip di segala situasi permukaan jalan pada saat akselerasi.
Lantas, bagaimana cara kerja TCS di Yamaha NMAX 2020?
Jadi, kecepatan kedua roda dibaca oleh speed sensor, nah hasilnya diolah sebagai input ke ECU.
“Jika ada perbedaan kecepatan antara depan dan belakang, maka ECU akan mengurangi tenaga ke roda belakang,” terang Ridwan Arifin, Staff Education PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing
Belum Ada Harga Resmi
Namun sayangnya belum ada harga resmi untuk motor gambot ini. Menurut manajemen, karena ini model 2020, jadi untuk harga belum fix.
“Masih akan kita umumkan nanti. Soalnya ini kan juga ada BBN-KB baru ya,” tutur Hendri Wijaya saat peluncuran, Senin (2/12/2019) seperti dikutip dari tribunnews.com.
Editor : Erix Right