TNI – POLRI Terus Bersinergi Membangun Sumedang

Share and Protect
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Sumedang, medkom.id – Polres Sumedang bersama dengan Kodim 0610/Sumedang pada saat ini tengah berencana untuk membangun jembatan gantung di Desa Cimarias dan Desa Ciherang.

Jembatan gantung yang rencananya dibangun sepanjang 90 meter ini, nantinya diperuntukan sebagai jalur alternatif yang menghubungkan dua desa di wilayah Kecamatan Sumedang Selatan dan Kecamatan Pamulihan.

Diperkirakan jembatan gantung ini akan selesai dibangun dalam waktu 10 hari, dengan anggaran yang dipersiapkan sebesar 120 juta sampai dengan 150 juta rupiah.

Sebagai tahap awal perencanaan,  Kapolres Sumedang AKBP. Eko Prasetyo Robbiyanto, S.H., S.I.K., M.P.I.C.T., M.I.S.S., dan Dandim 0610 Sumedang LETKOL INF. Zenal Mustofa, S.E., M.Si turun langsung ke lokasi pembangunan jembatan gantung tersebut, pada Rabu pagi ( 24/2/21 ).

Kapolres Sumedang bersama Dandim 0610/Sumedang meninjau lokasi yang akan dibangun jembatan gantung di Desa Ciherang dan Desa Pamulihan, Rabu (24/02/2021).

Dalam survei tersebut, Kapolres dan Dandim didampingi oleh Ketua Vertical Rescue Indonesia, Tedi Ixdiana, serta Kepala Desa Cimarias dan kepala Desa Ciherang.

Jembatan gantung hasil sinergitas TNI – POLRI ini diharapkan nantinya dapat mempermudah mobilitas warga di kedua desa tersebut. Sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat di Dusun Legok Picung Desa Ciherang Kecamatan Sumedang Selatan dengan Desa Cimarias Kecamatan Pamulihan.

Pembangunan jembatan gantung kerjasama antara Polres Sumedang dan Kodim 0610 ini menjadi salahsatu bukti sinergitas TNI – POLRI dalam mendorong pembangunan di wilayah Sumedang dalam mewujudkan pembangunan nasional menuju Indonesia Maju.

Kodim 0610/Sumedang Bangun Tanggul Penahan Longsor

Sehari sebelumnya, Dandim 0610/Sumedang, Letkol INF. Zaenal Mustofa S.E., M.Si meninjau proyek pemasangan tanggul anti longsor di Desa Kertamukti Tanjungkerta, Selasa (23/02/21).

Pembangunan tanggul penahan longsor tersebut menjadi salah satu sasaran Fisik yang masuk pada kegiatan pra TMMD ke 110 di Dusun Cilutung Desa Kertamukti Kecamatan Tanjungmedar Kabupaten Sumedang.

Tanggul dari susunan batu yang diikat dengan jalinan kawat atau lazim disebut bronjong ini akan difungsikan sebagai penahan tebing agar tidak terjadi longsor pada saat musim hujan.

Dalam keterangannya, Dandim 0610/Sumedang Letkol Inf Zaenal Mustofa SE.,M.Si menjelaskan pembangunan bronjong tersebut berjalan lancar.

“Alhamdulilah mulai dari tahap pembukaan hingga hari ini segala kegiatan sasaran Fisik bisa berjalan dengan baik tanpa adanya kendala yang serius yang mengahambat rangkaian kegiatan dalam program pra TMMD ini.” terangnya.

“Sasaran Fisik terus digenjot dalam pengerjaannya,salah satunya adalah pemasangan kawat Bronjong, dalam pemasangan kawat Bronjong ini memakan waktu lumayan lama, seperti tahap perakitan, melangsir material batu salah satu bahan yang digunakan agar kawat Bronjong penahan tersebut kuat dan kokoh.” lanjut Dandim.

“Saya sangat yakin, Dengan melihat semangat kerja yang dilakukan Anggota Kodim 0610/Sumedang dengan dibantu campur tangan masyarakat pengerjaan sasaran Fisik dalam program pra TMMD ini akan dapat terselesaikan tepat waktu,” sambungnya.

Menurut Dandim, walaupun ada berbagai kendala yang dihadapi oleh anggota di lapangan, namun hal tersebut tidak menjadi hambatan dalam menyelesaikan pekerjaan mereka.

“Apa yang kami kerjakan ini tidak lain merupakan bentuk pengabdian terhadap rakyat, walaupun pengabdian itu harus melebihi panggilan tugas sekalipun, mudah-mudahan upaya kami ini dapat membuahkan hasil memuaskan guna pencapaian target dan waktu yang telah ditentukan, tentunya semua itu tak lepas dari Doa’ dan dukungan dari masyarakat,” pungkas Dandim. (Pendim).

Editor : Raden Erik


Share and Protect
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *