Sembilan Fakta Reuni 212 yang Bikin Merinding

Share and Protect
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Panitia membuktikan reuni 212 berjalan lancar dan aman. Acara yang dihadiri sejumlah tokoh dan ulama tersebut menyisakan sejumlah fakta menarik dan bikin merinding.

Berikut fakta-fakta seputar reuni 212 yang berlangsung di kawasan Monas, Minggu (2/12/2018):

1. Peserta diprediksi jutaan orang

Semangat peserta untuk menghadiri reuni 212 di luar perkiraan banyak orang. Lautan manusia terlihat. Nyaris tidak ada bedanya dengan aksi bela Islam 212 dua tahun lalu, tepatnya pada 2016. Sejumlah foto menjadi bukti banyak peserta yang menghadiri acara tersebut.

Sembilan Fakta Reuni 212 yang Bikin Merinding

Video terlekat

2. Bukan hanya umat Islam

Peserta reuni 212 tidak hanya datang dari warga beragama Islam. Tidak sedikit warga nonmuslim ikut berbaur. Salah satunya, Ferdinand Hutahaean, yang juga salah seorang petinggi Partai Demokrat.

Ferdinand Hutahaean mengunggah beberapa video di akun Twitternya yang menunjukkan dirinya hadir langsung. Dia memperlihatkan lautan massa sebagai latar belakang.

3. Pengguna KRL meningkat 15 kali lipat

Volume pengguna kereta rel listrik (KRL) di stasiun sekitar Monas, Jakarta Pusat, meningkat tajam. Jumlah pengguna yang naik-turun di Stasiun Juanda sampai pukul 10.00 WIB tercatat 40.170 penumpang atau naik sekitar sembilan kali lipat dari jumlah biasanya, yaitu 4.718 penumpang.

Sedangkan di Stasiun Gondangdia tercatat 47.559 penumpang atau meningkat 15 kali lipat dari jumlah biasanya, yaitu 3.229 penumpang.

4. Prabowo Subianto tepati janji tak kampanye

Calon presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto datang dengan mengenakan kacamata hitam. Saat diberi kesempatan, Prabowo hanya berbicara singkat dan berjanji tak memanfaatkan panggung untuk kampanye.

“Saya hanya ingin mengucapkan terima kasih bahwa saya diundang hari ini oleh panitia,” kata ketua umum Partai Gerindra itu.

Sembilan Fakta Reuni 212 yang Bikin Merinding

5. Rekaman suara Habib Rizieq 

Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Syihab ikut hadir di Monas lewat rekaman suaranya. Seperti biasa, Habib menyemangati peserta dengan ciri khas intonasi suara yang lantang.

“Jangan lupa bahwa negeri kita saat ini sedang karut-marut. Maka kita harus melakukan perubahan,” kata Rizieq.

6. Bendera tauhid menyatu dengan merah putih

Bendera bertuliskan kalimat tauhid berkibar di reuni 212. Bendera itu menyatu dengan bendera merah putih dan bendera ormas yang dibawa peserta. Sebelumnya, terjadi peristiwa pembakaran bendera tauhid di Garut, Jawa Barat. Dua pelakunya dihukum penjara 10 hari dan denda Rp2.000.

“Ini banyak banget nih bendera tauhid. Ada yang berani bakar? Bakar dah, coba lu bakar,” kata Ustaz Haikal Hassan yang menjadi pembawa acara.

7. Anies anggap aksi 212 berkah bagi Perekonomian

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengapresiasi massa reuni 212 yang berjalan tertib. Anies menganggap, bagi Jakarta, banyaknya warga yang hadir menggerakkan roda perekonomian.

“Saya tadi malam sampai jam 01.00 pagi berkeliling, lihat tertib semua. Mudah-mudahan sampai akhir berjalan tertib semua. Hadir tertib, kembali tertib. Biarkan kepada mereka yang menduga akan hadir kekacauan di sini kecewa karena yang hadir justru menghadirkan ketertiban kedamaian,” kata Anies.

Video terlekat

8. Ada tim khusus yang menyapu bersih sampah

Reuni akbar mujahid 212 membubarkan diri. Sampah-sampah di sekitar Monas pun langsung dikumpulkan tim khusus. Relawan Aksi Cepat Tanggap (ACT) ikut terlibat menyiapkan kantong sampah warna hitam untuk menampung sampah-sampah itu.

Sembilan Fakta Reuni 212 yang Bikin Merinding

9. Bawaslu anggap tidak ada kampanye

Anggota Bawaslu Ratna Dewi Pettalolo menyatakan tak ada unsur pelanggaran dalam reuni 212.

“Saya juga tadi memantau dari televisi. Hasil pantauan saya, saya tidak menemukan adanya unsur kampanye. Karena Prabowo yang diberi kesempatan untuk berpidato juga tidak menyampaikan hal yang berkaitan dengan kampanye,” kata Ratna.

Sembilan Fakta Reuni 212 yang Bikin Merinding

 

Sumber : Rakyatku.com


Share and Protect
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *