Sate Kambing Dadakan ‘LECES GAUL’ Sumedang, Nikmatnya Melegenda

Share and Protect
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Sumedang, SUKON – Olahan daging kambing, sapi dan ayam merupakan salah satu sajian khas Indonesia yang sudah sangat populer. Walau sate bukan makanan asli Indonesia, tapi sate memang sudah sangat familier bagi sebagian besar masyarakat di Indonesia.

Selain daging sapi dan ayam, kambing merupakan salah satu jenis daging yang kerap diolah menjadi berbagai masakan yang tak kalah lezat. Apalagi, daging kambing memiliki tekstur yang sangat khas.

Biasanya, daging kambing disajikan sebagai hidangan sate atau makanan berkuah santan, misalnya gulai atau tongseng. Nah, tentunya menikmati hidangan daging kambing tersebut akan semakin terasa lezat bila menyantapnya di rumah makan legendaris, yang sudah tak diragukan lagi cita rasa masakannya.

Salah satu warung sate terkenal di Sumedang yang menyajikan aneka olahan daging kambing spesial adalah warung Sate Kambing “LECES GAUL milik H. Eet Sunaraya (48) yang berlokasi di daerah jalan raya Simpang – Parakan Muncang Sumedang. Warung sate yang telah didirikan sejak empat tahun lalu ini menyajikan berbagai makanan olahan berbahan dasar kambing, sapi dan ayam dengan rasa yang sangat luar biasa.

Kelezatannya yang sudah tersiar di telinga banyak orang, membuat warung sate ini mampu menghabiskan hingga 70 kilogram daging kambing setiap harinya. Ya, sate kambing memang jadi menu andalan di warung LECES GAUL ini. Tak cuma sate kambingnya, sajian tongseng dan sop kambingnya pun disebut-sebut mampu membuat ketagihan.

Penasaran dengan populernya warung sate tersebut, pada hari Senin 1 Juli 2019, tim SUARAKONSUMEN.ID dan SUKON TV lalu mencoba menyambangi warung sate yang berdiri di seberang GOR JEMBAR SAWARGI yang terletak di KM.5 jalan raya Simpang – Parakanmuncang Sumedang itu. Letaknya sangat strategis karena berada di pertengahan jalur Sumedang – Cimanggung yang merupakan jalur penghubung menuju Garut – Tasik dan Bandung.

Lokasi warung Sate LECES GAUL di
KM.5 jalan raya Simpang – Parakanmuncang Sumedang

Cukup mudah untuk menemukan warung sate tersebut, karena lokasinya tepat berada di pinggir jalan, dengan bangunan yang terbuat dari kayu dan bambu. Biasanya, banyak kendaraan roda empat dan roda dua yang terparkir di bagian luar rumah makan, sehingga cukup menarik perhatian dan memudahkan kita mencarinya.

Menempati bangunan kayu dan bambu yang cukup sederhana, rumah makan Sate Kambing “LECES GAUL’ milik H. Eet Sunaraya ini terdiri dari beberapa ruang lesehan, dan meja memanjang yang terletak di bagian luar warung sate tersebut .

Saat kami berkunjung, kami disambut oleh beberapa orang pelayan wanita berseragam yang sangat ramah. Kami langsung diarahkan ke meja lesehan yang berada di dalam. Nampak meja meja dan ruang lesehan yang berada di warung sate tersebut cukup penuh karena kebetulan saat kami datang sudah memasuki waktu makan siang.

Tim SUARAKONSUMEN.ID dan SUKON TV pun langsung memesan beberapa menu yang menjadi favorit para pengunjung, yakni sate kambing, tongseng, dan sup kambing. Adapun untuk bumbu sajiannya terdiri dari dua jenis, yaitu bumbu kecap dan bumbu kacang.

Pelayanan di warung sate LECES GAUL ini pun terbilang cepat. Meskipun sedang ramai pengunjung, namun hanya membutuhkan waktu sekitar 5 hingga 10 menit maka pesanan kami tiba. Begitu pesanan tiba, aromanya langsung tercium semerbak. Porsinya pun cukup banyak, dan tampilannya begitu menggugah selera.

Sate kambing dengan harga Rp 2 ribu / tusuk menjadi menu pertama yang kami cicipi. Sepiring hidangan ini terdiri dari sepuluh tusuk sate, lengkap dengan potongan tomat dan bawang merah. Ukuran dagingnya pun lebih besar bila dibandingkan sajian sate pada umumnya.

Teksturnya begitu juicy dan empuk, dengan rasa gurih yang meresap ke dalam daging, meski belum ditambahkan dengan bumbu kecap. Bumbu kecap yang kami cicipi pun terasa sedap, bercita rasa manis pedas, sangat pas untuk menemani sate yang dihidangkan.

Selain bumbu kecap, kami juga mencoba untuk menyantapnya bersama bumbu kacang dan topping acar mentimun, tomat dan bawang merah iris yang segar.

“Tekstur saus kacangnya begitu kental, dengan rasa gurih yang mendominasi. Saus kacang ini akan lebih nikmat bila dicampur bersama saus kecap untuk menyeimbangkan rasa gurihnya.” kata H. Eet kepada Sukon Senin (1/07/2019).

H.Eet Sunaraya (tengah) saat membakar sate di warung sate LECES GAUL miliknya.

Menurut sang pemilik H.Eet, sate kambing ini hanya menggunakan bagian daging dan lemaknya saja, tanpa jeroan sama sekali.

“Sebelum dibakar, daging kambing yang sudah ditusuk-tusuk diperlakukan secara khusus terlebih dahulu dengan bumbu spesial. Proses pembakarannya masih secara tradisional, menggunakan arang dan kipas bambu, sehingga cita rasanya sangat khas.” ujar H. Eet saat ditanya tentang rahasia kelezatan satenya.

Kualitas dan rasa di warung sate LECES GAUL sangat terjaga karena H.Eet sebagai pemilik turun langsung dalam penyajian dan pelayanan.

“Mulai dari pemotongan daging, pembakaran sampai penyajian langsung saya awasi sehingga kualitas dan rasa tetap terjaga.” tambahnya.

Lalu, kami juga mencoba sajian tongseng nya. Tongseng kambing tersebut dihidangkan dalam sebuah mangkuk putih. Saat menyeruput kuah tongseng, rasa sedikit pedas dan segar langsung menguar di dalam lidah. Rasa gurih dari rempah yang digunakan sangat kental dan menambah nikmatnya sajian tongseng tersebut. Begitu pun dengan dagingnya, amat lembut dan kaya rasa.

Hidangan berikutnya yang tim SUARAKONSUMEN.ID dan SUKON TV cicipi adalah sup kambing. Terdiri dari potongan daging dan tulang kambing, kuah bening dari sajian sup tersebut mampu menyegarkan mulut usai menyantap hidangan berlemak itu. Isiannya pun cukup melimpah, rasa dari sup kambing ini terasa sangat lezat, daging yang disajikan teksturnya sangat empuk dan mudah lepas dari tulangnya.

Apalagi, di dalam tulang yang dihidangkan, tersimpan sumsum lembut nan creamy yang melimpah. Bahkan, hanya dengan menyedotnya saja, sumsum tulang kambing sudah merosot keluar dan siap disantap. Sangat lezat!

“Kami buka mulai dari pukul 07 pagi hingga pukul 12 malam setiap harinya,” tutup H. Eet.

Rumah makan Sate Kambing LECES GAUL ini menjadi salah satu tempat yang tak boleh dilewatkan bagi para pecinta kuliner terutama olahan daging kambing. Tertarik mencicipi aneka olahan daging kambing legendaris LECES GAUL buatan H. Eet Sunaraya?

Sate Kambing LECES GAUL – H. Eet Sunaraya Alamat: Cipacing KM.05 Jalan Raya Simpang – Parakanmuncang – Sumedang. Jam buka: 07.00 – 24.00 WIB Nomor telepon: 085222453323

Reporter : Usep Jam/ R.Syani

Editor : Erix Right


Share and Protect
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *