Kodim 0610/Sumedang Bantu Masyarakat Dalam Pembuatan Dokumen Keluarga

Share and Protect
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Sumedang, medkom.id – Tak terasa, kebersamaan antara warga masyarakat dengan Satgas TMMD ke-110 Kodim 0610/Sumedang di Desa Kertamukti Kecamatan Tanjungmedar Kabupaten Sumedang sudah memasuki hari ke 14.

Dalam tugasnya dalam membantu masyarakat di pedesaan ini, para prajurit Kodim 0610/Sumedang telah melaksanakan banyak agenda sebagai bagian dari program Tentara Manunggal Membangun Desa atau TMMD.

Terkini, salah satunya program yang dirasa sangat membantu dan memudahkan masyarakat desa adalah pembuatan dokumen keluarga seperti Kartu Keluarga, Akte Kelahiran dan KTP Elektronik secara gratis yang dilaksanakan pada hari Selasa (16/03/2021).

Kapten Inf Dede Baharudin selaku Pasi Ter Kodim 0610/Sumedang mengatakan, kegiatan tersebut merupakan prakarsa pihak Kodim 0610/Sumedang yang bekerjasama dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sumedang.

“Dengan adanya kegiatan Pelayanan Disdukcapil yang turun langsung ke desa ini, diharapkan masyarakat bisa terlayani dengan mudah,” jelasnya.

Dikatakannya, dokumen pribadi merupakan kebutuhan yang sangat penting sehingga masyarakat harus dipermudah dalam pembuatannya.

“Kami berharap dengan adanya pelayanan ini juga masyarakat menyadari pentingnya data dan dokumentasi pribadi sehingga kesempatan ini bisa dimanfa’atkan secara maksimal.” kata Dede Baharudin.

“Jangan anggap KTP, KK dan akte kelahiran itu tidak penting karena selain membantu program pemerintah dalam pendataan, juga bermanfaat bagi kita untuk kelengkapan administrasi dalam mengurus segala sesuatu dalam kehidupan kita.” terangnya.

Sementara Kepala bidang pelayanan pendaftaran penduduk Kabupaten Sumedang, Ferry Fardians.S.STP.,Msi, menyampaikan program tersebut bertujuan untuk memberikan kemudahan kepada warga Desa.

“Dengan turun langsung ke desa, maka masyarakat akan semakin mudah dalam pembuatan dokumen seperti foto KTP Elektronik, KK dan Akte Kelahiran.” kata Ferry.

“Kegiatan ini terwujud berkat kerjasama antara Disdukcapil Kabupaten Sumedang dengan Satgas TMMD Ke 110 Kodim 0610/Sumedang.” lanjutnya lagi.

Sekilas Tentang Program TMMD

TNI Manunggal Membangun Desa (“TMMD”) adalah salah satu wujud Operasi Bhakti TNI, yang merupakan program terpadu lintas sektoral antara TNI dengan Departemen, Lembaga Pemerintah Non Departemen dan Pemerintah Daerah serta komponen bangsa lainnya.

Program yang dilaksanakan secara terintegrasi bersama masyarakat ini dilakukan guna meningkatkan akselerasi kegiatan pembangunan di daerah pedesaan, khususnya daerah yang tergolong tertinggal, terisolasi, perbatasan, dan daerah kumuh perkotaan serta daerah lain yang terkena dampak akibat bencana.

Program ini juga merupakan bagian dari komitmen TNI Angkatan Darat untuk ikut membangun bangsa dan negara bersama komponen bangsa lainnya secara sinergi dan berkesinambungan.

Pada pelaksanaan kali ini, TNI Angkatan Darat bekerjasama dengan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia bersama seluruh jajarannya.

Selain itu, kerjasama dilakukan dengan Bappeda Provinsi, Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa Provinsi (BPMPDP) serta Pemerintah Daerah atau Kabupaten/Kota.

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi menilai, TMMD sebagai bentuk pengabdian demi terwujudnya pertahanan negara di daerah tangguh, juga merupakan upaya TNI untuk berkontribusi melestarikan sejarah terutama nilai kemanunggalan TNI-Rakyat.

Secara Substansial, TMMD dapat dipandang sebagai tesis keterlibatan TNI dalam pembangunan pedesaan, sedangkan dari sisi formula, TMMD menjadi lompatan metodologi pembangunan yang mengacu pada kesederhanaan, kebersamaan dan koordinasi lintas sektor fungsi dari beberapa instansi/lembaga.

Editor : Raden Erik


Share and Protect
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *