Polres Sumedang Gencarkan Operasi Yustisi Untuk Menekan Laju Covid-19

Share and Protect
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Para petugas gabungan tengah melakukan Operasi Yustisi di wilayah Kecamatan Tomo, Sumedang, Jum’at (29/01/2021).

Sumedang, medkom.id – Untuk menekan angka penyebaran virus Covid-19, pihak Kepolisian Republik Indonesia (Polri) terus memberikan dukungan kepada Pemerintah RI dengan melakukan berbagai macam upaya, salah satunya dengan melaksanakan Operasi Yustisi yang gencar dilakukan di seluruh wilayah Indonesia.

Sebenarnya jika kesadaran masyarakat telah tumbuh, tidak seharusnya masih ditemukan para pelanggar protokoler kesehatan. Namun demikian upaya untuk mendisiplinkan warga, pihak kepolisian secara intensif di wilayah-wilayah senantiasa aktif melaksanakan edukasi dan sosialisasi mengenai protokol kesehatan ini.

Melalui gerakan Himbauan Gerakan 3 M yaitu Mencuci Tangan, memamakai Masker dan Menjaga jarak dalam rangka penerapan adaptasi kebiasaan baru terutama saat keluar rumah dan bersosialisasi di tengah masyarakat.

Namun tindakan – tindakan tersebut dirasa belum cukup, sehingga Polri berinisiatif melakukan operasi yustisi untuk menegakkan protokol kesehatan, demi mendukung upaya pemerintah serta untuk memulihkan kembali ekonomi masyarakat yang saat ini tengah terpuruk akibat terdampak pandemi Virus Corona (COVID-19).

Demikian pula di Kabupaten Sumedang, Kapolres Sumedang, AKBP Eko Prasetyo Robbiyanto berkomitmen penuh untuk mengawal kebijakan pemerintah dalam penegakan protokol kesehatan di wilayah Kabupaten Sumedang. Dan sejauh ini, Polres Sumedang melalui Polsek di setiap kecamatan hampir setiap hari melakukan operasi yustisi bersama tim gabungan TNI – POLRI, SATPOL PP dan DISHUB.

Seperti halnya pada hari ini, Jum’at (29/01/2021), Polsek Tomo kembali mengawal pelaksanaan Operasi Yustisi dalam Rangka Penegakan Disiplin Protokol Kesehatan di Wilayah Kec. Tomo Kab. Sumedang yang bertempat di Pos Pengenaan Sangsi Administratif Depan kantor Kecamatan Tomo. Jumat (29/01/2021).

Sebelum melaksanakan kegiatan tersebut, seperti biasa para petugas gabungan melakukan Apel Kesiagaan yang dipimpin oleh Aiptu Manurung (PADAL). Dalam Operasi Yustisi ini, Polsek Tomo didukung oleh sejumlah personil sebanyak 20 personel gabungan yang terdiri dari unsur TNI 3 personil, Polri 5 personil, Satpol PP 10 personil, serta Dishub 2 Personil.

Kegiatan apel ini bertujuan untuk mengecek kesiapsiagaan para personel yang akan berdinas pada hari ini untuk menyampaikan informasi penting dan menekankan kembali tentang mekanisme dalam pelaksanaan tugas serta memberi pemahaman terhadap masyarakat terkait Perbup No. 5 tahun 2021 tentang sanksi administrasi terhadap pelanggaran tertib kesehatan,Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) . Keputusan Bupati Sumedang,no 29 th 2021, ttg pemberlakuan PSBB,secara proposional dlm rangka penanggukangan covid 19.

Pemberlakuan pembatasan giat masyarakat/PPKM ini merupakan pelaksanaan Intruksi Mendagri no.th 2021 / Keputusan Gubernur Jabar no 443 / Kep.10.Hukham 2021, ttg PSBB di 20 daerah Kab/Kota di Jabar, dalam Penanganan Covid 19.

Bahwa kegiatan tersebut merupakan protap dengan tujuan menyampaikan informasi sebelum mengawali pelaksanaan penegakan disiplin/penerapan sanksi administratif terhadap pelanggar tertib kesehatan dimasa Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) di Wilayah Hukum Polsek Tomo Polres Sumedang.

Operasi Yustisi Polsek Jatinangor

Kegiatan yang sama juga nampak dilakukan di Polsek Jatinangor yang melaksanakan Kegiatan Ops Yustisi Penggunaan Masker / Penerapan Sanksi Administratif Terhadap Pelanggaran Tertib Kesehatan Dalam Pelaksanaan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) Penanggulangan Covid-19 Di Kec. Jatinangor Kab. Sumedang yang bertempat diwilayah hukum Polsek Jatinangor. Jumat (29/01/2021).

Sejumlah personil gabungan tengah melakukan Operasi Yustisi di wilayah Jatinangor, Jum’at (29/01/2021).

Operasi Yustisi yang dipimpin oleh Iptu Memey Andriyani (Panit I Binmas Polsek Jatinangor) dan DODI SURYADI S.I.P(Kasi Ketentraman dan Ketertiban umum Pol PP Pemda Kab.Sumedang) ini diikuti oleh personil gabungan dari TNI, Polri dan Sat.Pol.PP.

Para personil gabungan ini didukung oleh 5 Anggota Polsek Jatinangor, 3 Anggota Koramil Jatinangor, 4 Anggota Sat.Pol.PP Kec. Jatinangor, 5 Anggota Satpol PP Kabupaten Sumedang, 2 Anggota Dishub Kab. Sumedang, serta 1 Anggota Sub Den Pom Sumedang.

Sasaran Kegiatan yang dilaksanakan dalam Ops Yustisi di wilayah Jatinagor ini hampir seragam dengan wilayah lainnya, yaitu untuk menekankan Penggunaan Masker dan melakukan penindakan terhadap pelanggaran prokes lainnya sekaligus Penerapan Sanksi Administratif Terhadap Pelanggaran Tertib Kesehatan Dalam Pelaksanaan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) Penanggulangan Covid-19 sesuai Perbup. No.05 tahun 2021 Kab. Sumedang, sbb:

Kegiatan operasi yustisi yang gencar dilakukan belakangan ini merupakan upaya dari pihak TNI, POLRI dan Sat.Pol.PP untuk memberikan himbauan terkait penerapan sanksi Administratif dari mulai teguran sampai dengan denda kepada warga masyarakat di masa Adaptasi Kehidupan Baru (AKB) sekaligus pencegahan penyebaran Virus Corona (Covid-19) di wilayah Kec. Jatinangor Kab. Sumedang.

Secara umum, Polres Sumedang juga terus menerus melakukan imbauan-imbauan melalui berbagai media, seperti media sosial, media mainstream, dan juga bertatap muka dengan masyarakat secara langsung. Hal ini perlu dilakukan agar masyarakat di Kabupaten Sumedang lebih mematuhi protokol kesehatan, untuk menghambat penyebaran virus Covid-19.


Share and Protect
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *