Pertama di Jawa Barat, Polres Sumedang Miliki Tim Tracing Covid-19

Share and Protect
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Untuk menekan penyebaran virus Covid-19, Polres Sumedang membentuk Tim Tracing Covid-19. Tim ini resmi diluncurkan oleh Kapolres Sumedang, AKBP Eko Prasetyo Robbyanto, Kamis (28/01/2021).

Sumedang, medkom.idSaat ini, virus Corona atau yang juga dikenal sebagai virus Covid-19 masih menjadi ancaman yang nyata dan benar benar ada di sekeliling kita semua. Virus mematikan ini telah menewaskan jutaan korban jiwa di seluruh dunia. Para pemimpin dunia telah menerapkan berbagai metode terkait penanganan covid-19 seperti yang telah digariskan oleh badan kesehatan dunia,WHO. Namun berbagai upaya tersebut sampai saat ini belum terlalu efektif menekan angka penyebaran virus corona ini.

Dengan semakin banyaknya masyarakat yang mengidap virus Covid-19 ini, maka Kapolres Sumedang berinisiatif melakukan gerak cepat dengan membentuk Tracing Covid-19, pada hari Kamis (28/01/2021). Pembentukan tim khusus ini memang perlu disegerakan, mengingat bahwa terkini sudah ada personel Polres Sumedang yang terkonfirmasi positif covid 19.

Pada tahap awal, tim khusus ini akan menelusuri kontak erat yang dilakukan personel yang terpapar Covid 19 tersebut kepada keluarga, rekan kerja ataupun warga sekitarnya. Untuk kemudian, Tim Tracing Covid-19 Polres Sumedang ini akan berkeliling ke polsek-polsek di jajaran Polres Sumedang yang berbatasan dengan daerah zona merah pandemi Covid 19 untuk memeriksa kondisi kesehatan para personel, sehingga diharapkan mampu mencegah penyebaran covid 19 yang lebih masif.

“Secara umum tim ini juga akan melakukan tracing di lingkungan warga sekitarnya. Apabila dari hasil tracing ini nantinya ditemukan kasus konfirmasi positif baru maka tim tracing Polres Sumedang akan mengkoordinasikannya dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Sumedang untuk dilakukan treatment dan karantina atau isolasi.” ujar Kapolres Sumedang, AKBP. Eko Prasetyo Robbyanto,dalam acara peluncuran Tim Tracing Covid-19.

“Berdasarkan data yang ada, masih sulit untuk menyimpulkan apakah ada daerah yang memenuhi syarat ini karena sebagian belum membuka data testing dan berapa angka positif negatifnya kepada publik. Karena jumlah kasus harian positif sampai saat ini masih sangat dibatasi oleh kapasitas testing dan masa tunggu untuk hasil testing keluar.” lanjutnya.

Menurut Eko, tim ini akan bekerja sesuai dengan panduan Kementerian Kesehatan terkait dengan metode tracing di Internal Polres Sumedang.

“Dalam pelaksanaannya, Tim Tracing Covid 19 Polres Sumedang ini tentunya akan bekerja dibawah kordinasi gugus tugas Covid 19 Kabupaten Sumedang, sehingga sangat terbuka gugus tugas covid 19 untuk berkolaborasi dengan Tim Tracing Covid 19 Polres Sumedang ini nantinya.” terang Eko kepada para wartawan.

“Kepada seluruh personel Polres Sumedang saya perintahkan untuk melaksanakan semua arahan dan petunjuk dari Tim Tracing Covid 19 Polres Sumedang ini termasuk jika ada perintah untuk melaksanakan swab, karantina atau isolasi yang semuanya dilakukan untuk kebaikan kita bersama. Dalam pelaksanaannya Tim ini juga akan di dampingi personel Sie Propam untuk melakukan pengawasannya.” terangnya lagi.

“Syukur Alhamdulillah, Polres Sumedang memiliki keistimewaan yang tidak dimiliki Polres lainnya di Jawa Barat, yakni kita mendapatkan sumbangan peralatan Swab anti Gen sebanyak 1500 unit dari salah satu Lembaga Negara. Selain itu Polres Sumedang juga menerima sumbangan APD sebanyak 100 unit. Perlengkapan inilah yang akan menjadi senjata utama bagi Tim Tracing Covid 19 Polres Sumedang dalam menjalankan tugasnya.” lanjut Eko.

Eko pun memberikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi tingginya kepada Lembaga negara dan PMI yang telah menyumbangkan Kit Swab anti Gen kepada Polres Sumedang serta perlengkapan APD.

“Silahkan pergunakan Kit Swab anti Gen tersebut sebesar besarnya bagi kesehatan dan kemanfaatan anggota Polres Sumedang dan keluarganya.” kata Eko.

Kapolres Sumedang wajibkan anggotanya Test Rapid Antigen

Di hari yang sama, Polres Sumedang menggelar Test Rapid Antigen. Kegiatan ini dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran Virus Corona di wilayah Sumedang dan khususnya di lingkungan Polres Sumedang.

Sejumlah anggota polisi dan ASN di lingkungan Polres Sumedang melaksanakan pemeriksaan rapid tes di halaman Mapolres Sumedang, Kamis (28/01/2021).

Dari jumlah anggota Polres Sumedang baik anggota Polri maupun ASN yang jumlahnya 1.202 orang, hari ini baru dilakukan Test Rapid antigen sebanyak 239 orang, dengan diutamakan anggota Polres Sumedang yang melayani masyarakat atau yang berhubungan langsung dengan masyarakat.

Dalam kegiatan ini dihadirkan dokter , para medis dari Dinas Kesehatan Kabupaten Sumedang dan Urkes Polres Sumedang.

Jika ada anggota yang terindikasi positif covid-19, dianjurkan agar tidak beraktivitas dahulu dengan meakukan isolasi mandiri.

Kapolres Sumedang, AKBP Eko Prasetyo Robbyanto menuturkan bahwa mengidap penyakit Covid 19 bukanlah aib. Namun mencegah agar tidak menularkannya kepada orang lain merupakan tanda kecintaan kita kepada keluarga, masyarakat sekitar kita, organisasi Polri, bangsa dan negara Indonesia.

“Pada kesempatan ini pula, tidak bosan bosannya saya sampaikan betapa pentingnya mematuhi protokol kesehatan, yaitu menggunakan masker, menjauhi kerumunan, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir menjaga jarak dan membatasi keluar rumah hanya untuk urusan yang benar benar perlu saja. jangan lupa pula untuk selalu melakukan pola hidup sehat dengan rajin berolahraga dan mengkonsumsi vitamin serta makanan yang bergizi seimbang. sambil seraya kita berdoa agar pandemi ini segera berakhir dan diangkat dari bumi indonesia.” tandas Eko.

Editor : Raden Erik


Share and Protect
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *