Pemkab Sumedang Gandeng PT Pos Giro Distribusikan KTP el, Bupati: Percepat Pelayanan Kependudukan

Share and Protect
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Sumedang, Medkom.id–Bertempat di PT Pos Giro Sumedang Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir didampingi Wabup Sumedang Erwan Setiawan, Sekda Sumedang Herman Suyatman, Komisi A DPRD Sumedang Asep Kurnia dan Kadisdukcapil Achmad Kusnadi serahkan secara simbolis Blangko Dokumen kependudukan kepada Kepala Pos Giro Sumedang, Diky Mulyana, tadi pagi, Rabu (6/2/2020).

Wabup Sumedang, Erwan Setiawan turut serah-terimakan Dokumen Kependudukan ke Manajemen PT Pos Sumedang, Kamis (6/2/2020).


Kegiatan ini merupakan program  inovasi layanan kependudukan sebagai upaya dalam meningkatkan kualitas layanan masyarakat, khususnya kualitas pelayanan Administrasi Kependudukan dan ini sudah digulirkan semenjak November 2018 dengan program Simpay Arum atau Sistem Pelayanan Administrasi Kependudukan antar ke Rumah.

Namun belum lama ini muncul informasi yang beredar bahwa pengursan biaya dokumen tersebut dikenai biaya. Bupati menepis kabar itu, ia menyatakan tidak benar adanya.


“Pengurusan Dokumen itu gratis terkait adanya indikasi harus mengeluarkan  sejumlah uang ternyata menyuruh orang lain, atau ada kasus di luar Sumedang disangka terjadi di kabupaten Sumedang,”ujar Bupati.


Dikatakannya, pihaknya menginstruksikan kepada Kadis benar nggak permasalahan adanya pungutan uang ternyata hal itu terjadi di luar Kabupaten Sumedang,

“Kenapa dipostingnya di Sumedang, dan ada nyuruh ke aparat desa dia bayar, padahal kalau dia datang sendiri ke MPP dia gratis tanpa bayar,” tambahnya.

Kadisdukcapil Sumedang Achmad Kusnadi (ketiga dari kiri) berphoto bersama Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir, Wabup Sumedang Erwan Setiawan, dan Sekda Sumedang Herman Suyatman usai penyerahan dokumen blanko kependudukan ke Pimpinan PT Pos Giro Sumedang


“Sudah sejak awal saya nyatakan bahwa pengurusan dokumen kependudukan gratis, tidak berbayar. Ini merupakan komitmen kami sejak awal sebagai upaya dalam meningkatkan kualitas layanan masyarakat, khususnya kualitas layanan adminustrasi kependudukan.”ujarnya.


Dikatakan Bupati  bulan Juni sampai Januari 2020 yang suket harus selesai KTP el yang diantar langsung oleh pos jadi yang sudah punya suket harus bersabar tunggu saja layanan pos datang ke rumah,”ujarnya.


Bupati juga mengatakan yang jelas menurutnya kependudukan adalah hak hak dasar masyarakat sebagai bagian dari kesejahteraan  masyarakat dalam bidang pelayanan publik.

Bupati Sumedang didampingi Wakil Bupati Erwan Setiawan, Sekertaris Daerah Herman Suyatman Anggota DPRD dari Komisi Asep Kurnia dan Dudi beserta Kepala Pos Giro Sumedang, Diky Mulyana beserta jajarannya.


“Kami bersyukur pada Allah Sumedang menjadi percontohan di tingkat nasional mendapatkan blanko KTP diantaranya 42000  menjadi percontohan nasional Jabodetabekjur dan Bandung Raya mendapatkan percepatan masalah KTP el ini diberikan 42000 secara bertahap yang memiliki suket dari 26 Juni 2019 sampai dengan 18 Januari 2020 secara bertahap akan dikirimkan KTP el pengganti suketnya,”tambahnya.


Hari ini, sambung dia, 5000 keping blanko bertahap sampai akhir Pebruari diangka 42000 mohon sampaikan kepada masyarakat kami melakukan upaya ini karena kewenangan blanko itu kewenangannya dari pusat sekarang sumedang mendapatkan kepercayaan atas kerjasama kabupaten Sumedang dan pusat diberikan 42000 Blanko dari pusat hanya beberapa daerah yang menjadi percontohan,

“Ini harus disyukuri jika ada kekurangan insyaallah kami akan lakukan perbaikan pada kami yang jelas ada hal  hal yang berkaitan dengan hal ini silahkan bisa berkoordinasi dengan Disdukcapil melaui akun fb, IG ataupun pada websitenya jadi semuanya jelas,” pukasnya.

Kepala PT Pos Giro Sumedang, Diky Mulyana (Ketiga dari kiri) tengah berbincang hangat dengan Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir dan Wabup Sumedang Erwan Setiawan saat sesaat sebelum serahterima dokumen kependudukan di Kantor PT Pos Giro Sumedang

Sementara itu Wabup Sumedang, Erwan Setiawan  berharap semua yang menjadi program pemerintah harap disosialisasikan bahwa ini semua yang kami janjikan kami penuhi dan kami realisasikan oleh Pemkab Sumedang dalam pelayanan masyarakat mudah-mudahan akhir Pebruari ini selesai 42000 suket bisa tersalurkan dan juga permasalahan yang lainnya dibulan ini selesai, ujarnya.


Sementara itu Komisi A DPRD Sumedang Asep Kurnia mengapresiasi langkah Pemda,

” ini sesuai dengan aspirasi yang masuk pada kami komisi 1 terkait dokumen kependudukan baik dengan suket karena kosong blanko pemerintah daerah menentukan langkah-langkah dan hari ini kita saksikan semuanya  terpenuhi maka ketika sudah tersedia blanko disesuaikan  dengan KTP yang sesuai dengan undang-undang kemudian diserahkan kepada masyarakat,”urainya. (Usep/R.Syani/Erix)



Share and Protect
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *