Payung Aruzona Sumedang, Destinasi Wisata Alam Yang Akan Memanjakan Penggemar Selfie

Share and Protect
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Medkom, Sumedang – Sejak dulu, Sumedang sudah dikenal sebagai salah satu kabupaten di provinsi Jawa Barat yang banyak memiliki tempat wisata. Selain terkenal dengan Bendungan Jatigede atau Kampung Toga yang tengah jadi primadona wisata, di kota kecil nan sejuk ini anda juga bisa menikmati sederet tempat wisata lain yang tidak kalah menariknya.

Untuk diketahui, Sumedang merupakan sebuah wilayah yang memiliki bentang luas dikelilingi oleh gunung – gunung yang indah dan berbagai kekayaan hayati yang sangat cocok untuk dijadikan destinasi wisata. Objek wisata di Kabupaten Sumedang umumnya menyajikan keindahan alam berupa hutan alami yang terkenal dengan hawanya yang sejuk mampu menenangkan serta menyegarkan pikiran dan tubuh.

Sejalan dengan berkembangnya gaya hidup seseorang di media sosial, destinasi wisata dengan fasilitas untuk berfoto selfie atau wefie di Sumedang banyak yang menghadirkan spot- spot foto menarik untuk mengisi liburan anda.

Saat ini, wanawisata atau wisata hutan alami menjadi salah satu tujuan wisata favorit. Dengan sedikit sentuhan modern, trend foto folk yang menyajikan keindahan alam menjadi buruan utama para traveler dalam dan luar negeri.

Salah satu photo booth di tempat wisata Payung Aruzona. Foto : dok Payung Aruzona

Satu di antaranya yang sedang happening di Sumedang adalah tempat wisata Payung Aruzona di desa Pangadegan Kecamatan Rancakalong yang akan memanjakan penggila selfie atu wefie yang instagramable.

Tempat yang tergolong baru ini berada terletak di jalan raya Sumedang – Subang, tepatnya di kawasan sejuk Paniisan Rancakalong, Sumedang. Disebut Wisata Payung Aruzona, karena memang berbagai photo booth yang ada ditempat ini dihiasi dengan berbagai payung warna warni tampak cerah ceria ini begitu jelas terlihat sebagai tempat wisata yang menarik.

Menurut Iwan Kuswanto (48), sang konseptor dan pengelola tempat ini, AruZona berasal dari bahasa latin ‘Aru’ yang berarti Pinus, dan ‘Zona’ yang berarti daerah.

Ditempat Wisata Payung Aruzona, pengunjung akan dimanjakan dengan berbagai fasilitas. Foto : dok Wisata Payung Aruzona

Objek wisata seluas kurang lebih satu hektar ini sebelum dikelola dengan baik adalah kawasan hutan pinus biasa milik Perhutani yang kurang layak untuk ‘dijual. Namun berkat tangan dingin Iwan, tempat  ini menjelma menjadi destinasi wisata yang banyak dicari oleh traveler maupun photographer yang datang ke Sumedang.

Tak hanya menyajikan pemandangan yang indah, objek wisata ini juga memiliki banyak fasilitas yang akan mendukung kegemaran anda dalam berfoto. Fasilitas umum pun cukup memadai dengan tersedianya tempat ibadah, toilet, selain deretan pedagang makanan yang tergolong enak dan murah.

Penggemar selfie akan dimanjakan dengan latar belakang pemandangan alam pegunungan yang indah dan sejuk. Foto : dok Wisata Payung Aruzona

Dan bagi Anda traveler sekaligus Instagrammer, tempat ini ibarat surga. Banyak spot yang fotojenik untuk berselfie dengan latar panorama hijau dan indah. Tak bisa dipungkiri, tempat ini memang benar-benar indah dengan latar belakang alam dan perpaduan beragam dekorasi indah berwarna cerah.

Lokasi wisata ini tak terlalu susah dijangkau dari pusat kota Sumedang. Hanya berjarak sekitar 35 menit berkendara dari pusat kota Sumedang, anda akan sampai ke tempat Wisata Payung Aruzona. Tiket masuk pun tidaklah mahal. Cukup membayar biaya retribusi sebesar Rp 10.000/orang anda sudah dapat menikmati keindahan alam, plus mendapatkan perlindungan asuransi.

Yang patut disayangkan adalah, di tempat Wisata Payung Aruzona ini belum tersedia camping ground yang dapat digunakan untuk menghabiskan malam di objek wisata ini. Begitu juga dengan fasilitas rekreasi lainnya seperti ayunan, Flying Fox, Sky Swing atau permainan Paint Ball  belum tersedia di tempat ini. Padahal keberadaan berbagai fasilitas tersebut akan membuat liburan semakin atraktif. Apalagi kalau dilengkapi dengan kehadiran aneka satwa, tentu akan membuat tempat wisata ini semakin hidup.

Namun dengan hawa yang sejuk dan hutan pinus yang lebat sebagai latar belakang, anda akan cukup puas menikmati keindahan alam dengan ditemani aneka makanan dan minuman yang murah meriah.

Seperti telah disinggung di atas, bentang alam di Sumedang cukup beragam. Di kota ini, Anda dapat menemukan spot – spot air terjun yang indah dengan ketinggian bervariatif. Salah satu contohnya adalah air terjun Curug Binong. Air terjun hanya berjarak 200 meter dari wanawisata Payung Aruzona. Memiliki air yang jernih dan belum terkontaminasi membuat Curug Binong ini sangat cocok untuk berendam maupun sekedar berenang ditemani percikan air yang sejuk. Untuk masuk ke dalam objek wisata Curug Binong ini Anda akan ditarik biaya retribusi sebesar Rp.5.000 rupiah saja untuk satu orangnya.

Menilik lokasi geografis dan jarak dari pusat kota Kabupaten, Desa Pangadegan Kecamatan Rancakalong ini termasuk salah satu desa yang mempunyai suasana alam yang masih sejuk dan asri.

Berbagai destinasi wisata di wilayah ini menjadi salah satu andalan warga sekitar untuk meningkatkan  perekonomian masyarakat. Namun sayang, pengelolaan dan promosi destinasi – destinasi wisata di daerah ini masih jauh dari sentuhan dan perhatian pemerintah Kabupaten Sumedang.

Iwan Kuswanto mengatakan bahwa sejak di bukanya kawasan wisata Payung Aruzona dan Curug Binong, kedua tempat wisata ini belum mendapatkan perhatian yang serius dari pihak pemerintah.

“Untuk dapat membangun tempat wisata Payung Aruzona  ini saya menggunakan modal sendiri. Dan untuk ke depannya, saya membutuhkan bantuan dari pemerintah agar dapat terus berinovasi, membenahi, dan dapat melengkapi fasilitas yang dapat di nikmati oleh pengunjung.” tuturnya

“Harapan saya, pihak pemerintah Kabupaten Sumedang melalui Dinas Pariwisata turut  membantu mengembangkan potensi – potensi wisata di daerah ini, sehingga roda perekonomian masyarakat meningkat dan mampu mensejahterakan warga.” pungkasnya.

Well, bagi anda yang ingin berlibur atau sekedar bersantai, tidak ada salahnya jika Anda mencoba mengajak keluarga atau rekan untuk berlibur sambil menyatu dengan alam ke Wisata Payung Aruzona di Sumedang.

Reporter & Editor : Raden Erik


Share and Protect
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *