Menyambut HUT Partai Demokrat, Erwan Setiawan ‘ Kepentingan Masyarakat Sumedang Diatas Kepentingan Partai Maupun Pribadi’

Share and Protect
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Suasana peringatan HUT ke 19 Partai Demokrat di kantor DPC Partai Demokrat Sumedang, Rabu (9/9).

Sumedang, Medkom.id – 19 tahun yang lalu, tepatnya pada tanggal 9 September 2001 Partai Demokrat lahir sebagai anak kandung reformasi. 19 tahun bukanlah waktu yang singkat. Dalam perjalanannya, Partai Demokrat telah mengalami berbagai tempaan yang membuatnya semakin mantap sebagai salah satu partai politik terbesar di Indonesia.

Momentum ini tentu memiliki makna mendalam bagi seluruh kader partai untuk melakukan refleksi kesejarahan, juga untuk meneguhkan komitmen perjuangan dan pengabdian Partai Demokrat.

Dengan mengambil tema Bersama Kita Kuat Bersatu Kita Bangkit, pada hari Rabu (9/9), DPC Partai Demokrat Kabupaten Sumedang menggelar tasyakuran, dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-19 Partai Demokrat. Dalam acara yang turut dihadiri oleh sejumlah perwakilan dari partai koalisi ini, diisi dengan pemberian santunan kepada warga dan anak yatim yang bermukim si sekitar halaman kantor DPC Partai Demokrat Kabupaten Sumedang.

Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat (PD) kabupaten Sumedang, Otong Dartum GN, SE, saat memberikan santunan kepada para anak yatim dalam rangka HYUT ke 19 Partai Demokrat

Walau ada sedikit hal yang berbeda dalam perayaan HUT Partai Demokrat tahun ini, karena diperingati dalam suasana yang prihatin akibat pandemi Covid-19, namun hal ini tidak mengurangi kekhidmatan acara tersebut yang tentu saja dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Dalam sambutannya, Ketua MPC Partai Demokrat Sumedang, H. Erwan Setiawan, S.E, mengatakan bahwa kepentingan masyarakat jauh lebih penting daripada kepentingan partai.

“Kepentingan masyarakat Sumedang harus diatas kepentingan partai maupun kepentingan pribadi” tegas Erwan

Erwan Setiawan yang juga menjabat sebagai Wakil Bupati Sumedang ini mengajak seluruh kader, pendukung, dan simpatisan partai untuk menyatukan langkah dan ikhtiar untuk mengatasi pandemi Covid-19 dan masalah Indonesia.

“Saat ini kita sedang fokus bekerja agar hasilnya dapat dirasakan oleh masyarakat. Dan saya juga berharap agar para kader partai Demokrat agar turun membantu masyarakat untuk memulihkan perekonomian.” ujar Erwan.

Saat ditanya tentang rencana Partai Demokrat di Sumedang, Wabup menyampaikan bahwa partainya tengah menyiapkan pelatihan-pelatihan untuk para kader para calon anggota legislatif untuk menghadapi Pemilu tahun 2024 nanti agar para caleg tersebut benar benar bisa bekerja untuk masyarakat, sehingga keberadaan Partai demokrat bisa dirasakan kehadirannya di tengah-tengah masyarakat.

Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir, S.T., M.M saat menghadiri HUT ke 19 Partai Demokrat di kantor DPC Partai Demokrat Kabupaten Sumedang, Rabu (9/9).

Secara khusus, Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir, S.T., M.M yang hadir dalam acara tersebut mengucapkan terima kasih kepada seluruh kader Partai Demokrat yang telah ikut berpartisipasi dalam pembangunan di Kabupaten Sumedang.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada Partai Demokrat yang telah turut berpartisipasi dalam mengawal, menjaga dan mengamankan setiap kebijakan Pemerintah Kabupaten Sumedang, dalam rangka mewujudkan visi dan misi Sumedang Simpati.” Ujar Dony Ahmad Munir dalam pidato sambutannya.

“Semoga pengorbanan dan perjuangan keluarga Partai Demokrat ini mendapatkan balasan dari Allah SWT.” Lanjut Dony.

Dony juga mengingatkan bahwa sebagai bagian dari partai koalisi, Partai Demokrat memiliki beban dan tanggung jawab moral untuk ikut menjadi bagian yang mengamankan dan mengawal setiap kebijakan Pemerintah Sumedang.

 

Perayaan HUT Partai Demokrat di Jakarta

Sementara di Jakarta, Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono mengatakan Partai Demokrat akan merayakan hari jadinya yang ke-19 tahun dengan rangkaian kegiatan yang sederhana di Kantor DPP Partai Demokrat, Wisma Proklamasi No.41, Jakarta, Rabu (9/9).

Dalam momentum tersebut, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengajak kepada seluruh kader Partai Demokrat di seluruh penjuru tanah air dan simpatisan untuk bersama-sama menyatukan langkah.

“Kali ini hari jadi Partai Demokrat kita peringati dalam suasana yang prihatin akibat pandemi Covid-19. Mari bersama menjadi bagian dari solusi terbaik bagi bangsa, membantu menyelamatkan ekonomi negara, merawat demokrasi dan selalu menjadi yang terdepan untuk membantu rakyat kita,” ujar AHY dalam keterangan tertulisnya.

Momen hari lahir Partai Demokrat di kantor DPP tahun ini, diisi dengan serangkaian kegiatan seperti syukuran, peresmian renovasi kantor, rapat pengurus pleno virtual, sampai peresmian seragam baru Partai Demokrat. Semua acara itu dilangsungkan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

 

Sejarah Singkat Berdirinya Partai Demokrat

Partai Demokrat pertama kali dibentuk karena dilatarbelakangi cita-cita untuk mengusung Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ke kursi presiden. Agar hal tersebut dapat terlaksana, maka satu-satunya jalan adalah mendirikan partai politik.

Adalah Vence Rumangkang, salah satu sosok yang paling mendukung majunya SBY saat itu. Dia menilai bahwa sosok SBY bisa dibawa menjadi Pemimpin Bangsa. Pada 20 Agustus 2001, Vence Rumangkang yang dibantu oleh Sutan Bhatoegana berupaya mengumpulkan orang-orang untuk merealisasikan pembentukan sebuah partai politik.

Desakan untuk didirikannya partai yang akan mengusung SBY maju menjadi RI 1 adalah hasil public polling yang menunjukkan popularitas pada diri suami dari Almarhumah Ani Yudhoyono ini.

Pada akhirnya, terbentuklah Tim 9 yang beranggotakan 10 orang yang bertugas untuk mematangkan konsep-konsep pendirian sebuah partai politik yaitu Vence Rumangkang, Ahmad Mubarok, A. Yani Wachid, Subur Budhisantoso; Irzan Tanjung, RMH. Heroe Syswanto Ns, RF. Saragjh, Dardji Darmodihardjo, dan Rizald Max Rompas, serta T Rusli Ramli, MS.

Di samping nama-nama tersebut, ada juga beberapa orang yang sekali atau dua kali ikut berdiskusi. Diskusi Finalisasi konsep partai dipimpin oleh SBY.

Dilansir dari laman resmi demokrat-diy.or.id, pada 10 September 2001 jam 10.00 WIB Partai Demokrat didaftarkan ke Departemen Kehakiman dan HAM RI dan diterima oleh Ka SUBDIT Pendaftaran Departemen Kehakiman dan HAM. Kemudian pada 25 September 2001 terbitlah Surat Keputusan Menkeh & HAM Nomor M.MU.06.08.-138 tentang pendaftaran dan pengesahan Partai Demokrat. Dengan Surat Keputusan tersebut

Partai Demokrat telah resmi menjadi salah satu partai politik di Indonesia. Pada 9 Oktober 2001 Departemen Kehakiman dan HAM RI mengeluarkan Lembaran Berita Negara Nomor : 81 Tahun 2001 Tentang Pengesahan Partai Demokrat dan Lambang Partai Demokrat.

Selanjutnya pada 17 Oktober 2002 di Jakarta Hilton Convention Center (JHCC), Partai Demokrat dideklarasikan dan dilanjutkan dengan Rapat Kerja Nasional (Rakemas) Pertama pada 18-19 Oktober 2002 di Hotel Indonesia yang dihadiri Dewan Pimpinan Daerah (DPD) dan Dewan Pimpinan Cabang (DPC) seluruh Indonesia. Dan pada perkembangannya, walau sempat didera beberapa permasalahan internal, namun Partai Demokrat behasil menjadi partai politik yang memiliki kepercayaan tinggi dari masyarakat.

Pada pemilu 2019 lalu, 50% perolehan suara nasional PD berasal dari pemilih baru, hal ini menyiratkan bahwa Partai Demokrat kompatibel dengan aspirasi anak muda. Maka dari itu, sekarang ini PD mulai berorientasi untuk meperbanyak pemimpin muda di jajaran pusat maupun daerah. Salah satu hal yang menjadi tanda adalah diusungnya AHY sebagai Ketua Umum Partai Demokrat, yang secara usia terhitung masih relatif muda.

Sebagai partai yang memiliki pengalaman cukup Panjang, Demokrat memiliki standar tersendiri untuk tetap menjadi partai yang diperhitungkan. Para kader Partai Demokrat haruslah mampu mengembangkan kekuatan politik yang telah diwariskan oleh SBY. Sosok penerus SBY ini, patut memiliki kapasitas dan kapabilitas yang menyesuaikan dengan kebutuhan zaman. (Gani)

Editor : Raden Erik


Share and Protect
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *