Mengejutkan! Inilah 10 Manfaat Rokok yang Harus Kita Tau

Share and Protect
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Jargon “Merokok dapat menyebabkan serangan jantung, impotensi, dan gangguan kehamilan dan janin” sering kita lihat tertulis di bungkus rokok, sebelum di ganti dengan tulisan “Merokok dapat membunuhmu”.

Sudah bukan rahasia umum lagi, kalau rokok itu dianggap berbahaya dan sumber segala penyakit. Bukan hanya kepada perokok aktif, kepada perokok pasif bahkan dianggap bisa dua kali lebih berbahaya.

Akan tetapi, ada banyak penelitian yang dilakukan terhadap rokok dan penelitian tersebut justru menghasilkan hal- hal yang sama sekali tidak di duga. Hasil dari penelitian tersebut justru ditemukan manfaat rokok pada kesehatan.

Apa saja manfaat rokok yang berhasil di buktikan melalui penelitian? Berikut ini 10 manfaat rokok bagi kesehatan.

1. Mencegah Obesitas

Source: PublicDomainPictures

Rokok adalah salah satu alat yang dapat mencegah obesitas. Karena zat di dalam rokok, membuat orang tidak cepat lapar. Selain itu, zat yang terkandung dalam rokok, membuat jumlah makanan yang dimakan tidak terbakar menjadi lemak. Rokok juga sering dipakai sebagai alternatif di saat perut mulai terasa lapar. Selain itu, kebiasaan merekok sesudah makan, membuat makanan yang ada di perut, tidak menjadi lemak, sehingga kemungkinan terkena obesitas menjadi kecil.

2. Mencegah Penyakit Susut Gusi

Source: Kjerstin_MichaelaMENARIK UNTUKMU

Mgid

Obat rumahan yang untuk mengalahkan radang sendi tanpa operasiTak punya pekerjaan? Hasilkan 650$ 1 hari dari rumahJika lutut dan pinggul terasa sakit, ambillahDokter telah menemukan penyebab bau busuk dari mulut! Baca disini

Rokok dianggap sebagai salah satu penyebab rusaknya gigi dan mulut. Hal ini karena perokok pasti memiliki gigi yang kuning dan gusi yang tidak sehat. Akan tetapi, penelitian terbaru mengatakan bahwa, rokok mampu mecegah munculnya penyakit susut gusi. Penyakit susut gusi adalah penyakit yang menyebabkan gusi menyusut, dan membuat gigi menjadi tidak kuat dan bergoyang.

3. Mencegah Kanker Kulit

Source: Laleyla5

Pada penelitian yang di lakukan di National Cancer Institute, melihat bahwa rokok dapat mencegah terjadinya kanker kulit. Penelitian ini di lakukan di Italia Utara, Yunani, dan Israel. Dari penelitian itu, dihasilkan bahwa rokok mampu mencegah timbulnya penyakit kulit yang langka. Hal ini karena asap pada rokok, membuat kulit menjadi lebih kuat, dan mencegah berkembangnya sel kanker pada kulit.

4. Mencegah Kanker Payudara

Source: waldryano

Sebuah tulisan di Jurnal National Cancer Institute menuliskan bahwa rokok dapat mencegah kanker payudara. Berdasrkan penelitian, perempuan yang merokok, akan mengalami penurunan potensi kanker payudara  sebesar 54%, dibandingkan dengan perempuan yang tidak pernah merokok. Hasil dari penelitian belum mengungkapkan zat apa yang terkandung dalam rokok, sehingga pertumbuhan sel kanker pada payudara menjadi menurun.

5. Mengurangi Gejala Stroke

Source: Pezibear

Penelitian terbarau, melihat kesamaan antara karbon monoksida dan oksida netrat. Oksida netrat yang ada di dalam tubuh berfungsi mencegah penyempitan alteri, dan mempertahankannya agar tetap melebar. Hal ini menyebabkan aliran darah menjadi lancar. Dan otak yang membutuhkan asupan oksigen dari darah akan tercukupi. Dengan tercukupinya oksigen ke dalam otak, maka troke dapat terhindarkan.

6. Jantung Lebih Kuat Menahan Serangan Jantung

Source: bark

Unsur karbon monoksida yang ada di dalam rokok, justru dianggap mampu menahan serangan jantung. Karbon monoksida adalah salah satu jenis asap yang dihasilkan oleh roko. Akibat adanya karbon monoksida di dalam tubuh, gumpalan darah di dalam arteri menjadi terhambat. Sehingga gumpalan berbahaya yang selama ada di dalam darah, menjadi terlarus, dan tidak menumpuk di dalam alteri.

7. Mencegah Hipertensi Pada Ibu Hamil

Source: xusenru

Ibu hamil yang merokok, dapat mengurangi resiko hipertensi. Hal ini karena tembakau yang terkandung di dalam rokok, menahan perkembangan protein jahat yang ada di dalam tubuh. Akan tetapi ibu hamil dengan hipertensi termasuk kasus yang jarang ditemukan, sehingga penelitian ini tergolong penelitian kecil. Akan tetapi hasil dari penelitian inilah yang berhasil mengejutkan ilmuwan lainnya.

8. Meningkatkan Kemampuan Kognitif Penderita Down Sindrom

Source: Laura21de

Penelitian ini dilakukan kepada 5 penderita down sindrom yang telah dewasa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa orang dewasa dengan downsindrom, akan mengalami peningkatan kemampuan kognitif setelah merokok. Hal ini karena, saat sedang berkumpul dan merokok, orang- orang cenderung semakin dekat dan akrab. Kedekatan dan keakraban ini lah, yang menyebabkan kemampuan kognitif dari penderita down sindrom menjadi lebih baik.

9. Mencegah Penularan Asma

Source: InspiredImages

Penelitian yang terjadi di Swedia, memperlihatkan bahwa, seorang ibu yang merokok, dapat mencegah anak mengalami penyakit asma. Penelitian ini dilakukan dengan cara meneliti ibu- ibu yang merokok minimal 15 batang sehari, lalu membandingkan dengan anak- anak yang ibunya tidak merokok. Hal ini juga terjadi kepada ayah yang perokok. Maka tingkat persentase penurunan asma ke anak menjadi berkurang.

10. Mencegah Penurunan Alergi ke Anak

Source: cenczi

Penelitian yang juga terjadi di Swedia ini, memperlihatkan, bahwa ayah atau ibu yang memiliki alergi dan merokok, memiliki kecenderungan lebih rendah menurunkan alerginya kepada anaknya, dibandingkan dengan ayah atau ibu yang tidak merokok.

Itulah tadi 10 fakta mengejutkan tentang manfaat rokok pada kesehatan. Akan tetapi, walaupun rokok memiliki manfaat pada kesehatan, rokok juga memiliki dampak yang buruk kepada kesehatan. Dampak tersebut antara lain kanker pita suara, kanker tenggorokan, kanker mulut, kanker paru- paru, serta beberapa penyakit berbahaya lainnya. Tembakau yang berasal dari alam, mungkin memiliki beberapa manfaat. Akan tetapi, jika dampak negatif lebih banyak dari pada manfaat, apakah kita akan meneruskan kebiasaan merokok?

Sumber : https://cintaihidup.com/mengejutkan-inilah-10-manfaat-rokok-yang-harus-kita-tau/

Untuk sumber dan link berita lengkapnya : https://indocropcircles.wordpress.com/2014/06/30/10-manfaat-rokok-bagi-kesehatan-manusia/


Share and Protect
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *