Mei 8, 2021

Share and Protect

Kodim 0610/Sumedang Galakkan Pemakaian Bios 44 Untuk Tingkatkan Produksi Pertanian

Share and Protect
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Dandim 0610 Sumedang,  Letkol Inf Zaenal Mustofa, S.E, M.Si saat uji coba Bios 44 di Kelurahan Pasanggrahan Baru Kecamatan Sumedang Selatan Kabupaten Sumedang, Kamis (27/08/2020).

Sumedang,  Medkom.id –Tentara Nasional Indonesia (TNI) sekarang tidak hanya identik dengan senjata. Kekinian, TNI semakin menunjukan kemanunggalan dengan rakyat, khususnya para petani di berbagai daerah.

Dalam praktiknya, dewasa ini TNI telah menjadi inisiator berbagai penemuan yang sangat berguna berguna untuk masyarakat.

Seperti belum lama ini, TNI telah menemukan kompososi organik bertajuk Bios 44 yang merupakan senyawa perpaduan mikroorganisme yang akan memperkecil hingga menutup rongga-rongga di atas lahan gambut.

Atas prakarsa Dandim 0610 Sumedang,  Letkol Inf Zaenal Mustofa, S.E, M.Si inovasi di bidang teknologi  pertanian ini kemudian diujicobakan secara terpadu di Kelurahan Pasanggrahan Baru Kecamatan Sumedang Selatan Kabupaten Sumedang, Kamis (27/08/2020).

Dandim menjelaskan bahwa Bios 44 ini merupakan cairan dari jenis perpaduan beberapa mikroorganisme berupa cairan fermentasi. Upaya ini diharapkan memotivasi petani untuk menggunakan Bios 44 sehingga dapat mewujudkan ketahanan pangan di Kabupaten Sumedang karena bios 44 ini jika dilihat dari efesiensi penggunaannya dan juga biaya sangat murah disamping memiliki keunggulan tidak hanya untuk pertanian saja.

“Bios 44 ini adalah hasil temuan dari pihak TNI yang mana awalnya digunakan untuk mencegah kebakaran pada lahan yang mudah terbakar terutama lahan gambut. Dalam perkembangannya sekarang, temuan para prajurit itu justru bisa digunakan untuk pengembangan budi daya perikanan dan penyubur tanah.” jelas Dandim.

“Kalau dihitung dengan rupiah Bios 44 ini sangat murah dibandingkan jika menggunakan pupuk kimia untuk pertanian, bios ini juga memiliki keunggulan tidak saja hanya untuk pertanian tetapi dapat diterapkan juga untuk peternakan, perikanan serta juga bisa digunakan untuk merestorasi lahan gambut dan tandus.” lanjutnya.

“Kami berharap adanya sinergi pemerintahan daerah Kabupten Sumedang terutama dinas pertanian dalam memakmurkan petani dengan menggunakan Bios 44, sehingga penghasilan petani Kabupaten Sumedang lebih meningkat lagi dapat mendukung pemerintah pusat dalam menciptakan swasembada pangan,” ujar Dandim lagi.

Karyana, seorang anggota Kelompok Tani Parigi mukti mengatakan hasil panen berbeda dari sebelum memakai Bios 44, karena sesudah memakai bios 44 kerusakan karena diganggu hama tikus jadi sedikit bahkan sama sekali tidak ada.

Menurut Karyana, selama ini para petani juga sering menemukan kendala dalam menjalankan kegiatan pertanian mereka seperti tanah yang tidak subur. Dengan adanya teknologi tersebut, Karyana berharap hasil produksi pertanian menjadi lebih baik.

Bios 44 DC dari Kodim 0610/Sumedang ini diaplikasikan di atas lahan seluas 60 bata (1.260 M2) dengan memakai varietas padi hibrida mapan P-05 dengan estimasi hasil panen sebelum memakai Bios 44 DC hasil ubinan dengan rate perbandingan :5 kg=5×16=8 ton GKP/Ha =8x 0,862=6,89 Ton GKG/Ha hasil ubinan:5.setelah memakai Bios 44 DC hasil ubinan dari tiga titik ubinan hasilnya sama beratnya 7 kg.

a).UBINAN KE I : 7 kg = 7 x 16 = 11,2 ton GKP/Ha = 11,2 X 0,862 = 9,63 Ton GKG/Ha.

b). UBINAN KE II : 7 kg = 7 x 16 = 11,2 ton GKP/Ha = 11,2 X 0,862 = 9,63 Ton GKG/Ha.

c.) UBINAN KE III : 7 kg = 7 x 16 = 11,2 ton GKP/Ha = 11,2 X 0,862 = 9,63 Ton GKG/Ha.

RATA-RATA = 11,2 + 11,2 + 11,2 = 11,2 Ton GKP/Ha3 = 9,63 + 9,63 + 9,63= 9,63 Ton GKG/ha.

“Hasil yang didapat lebih banyak dari sebelum pemakaian Bios 44-DC dan saya sebagai anggota kelompok tani optimis hasil panen kedepan dengan pemupukan memakai Bios 44-DC akan lebih berhasil lagi.”pungkas Karyana.

Dari sisi kandungan bahan, Bios 44 juga aman karena mudah terurai sehingga tidak perlu khawatir akan membuat tanah menjadi rusak. Pihak TNI juga telah memastikan bahwa Bios 44 bukan kompetitor bagi produk lain karena merupakan kontribusi TNI bagi negeri.

Selain itu Bios 44 juga bisa digunakan untuk reklamasi lahan pertambangan dengan mengembalikan kesuburan tanah hingga mengurai tingkat pencemaran air pada sungai atau danau.(Pendim/Gani)

Editor : Raden Erik


Share and Protect
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •