Kenal Pamit Kapolres Sumedang Berlangsung Dengan Penuh Haru

Share and Protect
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Sumedang, Medkom.id — Acara Kenal Pamit atau acara perpisahan Kapolres lama dan perkenalan Kapolres Sumedang yang baru di Graha Asia Plaza Sumedang berlangsung dengan penuh keharuan, Kamis (19/12) malam.

Sebagaimana diketahui, Polres Sumedang berganti pucuk kepemimpinan dari AKBP Hartoyo. S.I.K., M.H., kepada Kapolres yang baru, AKBP Dwi Indra Laksmana. S.I.K., M.Si.

Ketika menyampaikan pidato perpisahannya, Hartoyo yang kini dialihtugaskan menjadi Direktur Penyidikan (Dirdik) di Polda Metrojaya mengatakan, setelah delapan belas bulan berada di Kab. Sumedang sebagai Kapolres, dirinya merasakan kesan yang sangat dalam.

Hartoyo menyatakan dirinya merasa baru kemarin berada di Sumedang saking betahnya.

“Padahal  sudah 1 tahun 8 bulan  dan 11 hari saya berada di Sumedang ini. Meski secara fisik berpindah, namun hati saya tetap di Sumedang,” ungkapnya yang disambut dengan tepuk tangan para hadirin.

Hartoyo juga bercerita tentang pengalaman dirinya saat mengamankan penyelenggaraan Pilkada Serentak khususnya Pemilu 2018 dan 2019 di Kabupaten Sumedang.

“Untuk itu, saya secara pribadi menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh elemen pemerintah dan masyarakat Sumedang, atas bantuan dan dukungannya selama ini sehingga Kabupaten Sumedang tetap berada dalam situasi yang kondusif,” ujar Hartoyo.

Dalam penutup pidatonya, Hartoyo menyatakan bahwa dirinya merasa sangat terkesan dengan masyarakat Sumedang, karena telah menerima dirinya dengan baik. Dirinya pun berpesan kepada segenap elemen masyarakat Sumedang agar tetap mempertahankan kondusifitas wilayah.

“Saya mengucapkan terima kasih sekaligus mohon ma’af yang sebesar-besarnya atas kekhilafan saya selama saya menjabat di Sumedang dan saya berharap Kapolres yang baru dengan dibantu eleman masyarakat, dapat membuat Sumedang lebih kondusif,” tutupnya.

Medkom.id mencatat, selama menjabat sebagai Kapolres Sumedang, Hartoyo terbilang memiliki prestasi yang cukup bagus. Selama menjabat, Polres Sumedang berhasil menyelesaikan beberapa kasus Kamtibmas yang terjadi di wilayahnya. Termasuk pengamanan relokasi pedagang kaki lima di Jalan Tampomas.

Yang paling krusial tentu saja dalam pengamanan Pilpres, Pilkada, dan Pileg 2018 dan 2019 lalu. Saat berlangsungnya pemilu, situasi keamanan dan ketertiban di Sumedang relatif kondusif.

Hadir dalam kesempatan tersebut tamu undangan Bupati Sumedang yang diwakili oleh Sekda Herman Suyatman, Kajari, Dandim 0610, Danyon 301, Ketua PN, dan Ketua DPRD Sumedang,

Tampak pula hadir dari Lapas Sumedang, KPU, Bawaslu, para Camat, Baznas, LSM, Ormas, Tokoh Agama, dan tamu undangan yang lainnya.

Sekretaris Daerah Herman Suyatman menyampaikan permohonan ma’af atas ketidak-hadiran Bupati, sehubungan yang bersangkutan tengah melaksanakan umroh di tanah Suci Mekah. Namun Bupati Sumedang, H.Dony Ahmad Munir sempat menyampaikan pesan melalui rekaman video yang ditayangkan di layar lebar.

Bupati Sumedang mengucapkan terimakasihnya atas kinerja Kapolres Sumedang AKBP Hartoyo yang telah mencurahkan segala upayanya dalam rangka mengawal semua aktivitas pemerintahan, termasuk rangkaian Pilkada, Pileg, dan berbagai event seperti event internasional West Java Paragliding World Championship, dan event yang lainnya yang berskala lokal, regional dan nasional.

Sementara dalam sambutan pribadinya, Sekda Herman Suyatman pun turut menyampaikan apresiasi atas kepemimpinan Hartoyo di Sumedang

“Berkat kepemimpian AKBP Hartoyo di Polres Sumedang yang ikut menggerakan pembangunan Sumedang  menuju Sumedang simpati 2023 dengan terobosan dan upaya akselerasi pembangunan, salah satunya upaya beliau  berupa tatali asih melalui sinergitas dengan pihak Baznas berupa pengentasan kemiskinan, ” ujar Sekda Herman Suyatman.

Melalui upaya semua pihak termasuk Kapolres, ujar Sekda, pada  tahun 2019 Kabupaten Sumedang mengalami penurunan angka kemiskinan semua terselenggara berkat adanya back up dari Polres Sumedang, “Oleh karena itu kami ucapkan terimakasih, atas sinergitas Forkopimda terutama dari Polres Sumedang, “jelasnya.

Hal lain yang patut diapresiasi atas kerja keras Forkopinda Sumedang termasuk di dalamnya adalah diundangnya Sumedang oleh Wakil Presiden RI untuk menerima anugerah Sumedang Zona Bebas Korupsi di Jawa Barat.

“Ini sebuah pencapaian prestasi yang besar dan terjadi saat Pak Kapolres menjabat.” tambah Herman

“Dan selanjutnya untuk Kapolres baru AKBP Dwi Indra Laksmana kami ucapkan selamat  datang di Kabupaten Sumedang Pak, semoga dengan kehadiran Bapak melalui penugasan di Polres Sumedang Bapak akan menorehkan  prestasi yang gemilang supaya bisa seperti pribahasa sunda “sarendeuk saigel sabobot sapihanean” dengan Pemkab Sumedang menuju Sumedang simpati 2023, insyaallah Bapak Kapolres dijamin betah di Sumedang “. pungkasnya.

Sementara itu Kapolres yang baru AKBP Dwi Indra Laksmana manyatakan apresiasi  terhadap kinerja AKBP Hartoyo yang telah menorehkan keberhasilannya di Sumedang. Dirinya berharap dapat meneruskan estafet kepemimpinan Hartoyo dengan baik.

“Sebenarnya sulit menggantikan beliau yang sudah mumpuni namun melihat kerjasama dan pola gotong-royong atas peran serta semua pihak terutama sinergitas dengan Porkopinda semua akan berjalan dengan baik,”ujar Dwi Indra Laksmana yang didampingi oleh Istri dan Putri tunggalnya.

“Akan sulit menggantikan sosok beliau yang profesional dan handal. Namun saya berjanji akan berusaha memaksimalkan kinerja dengan menggandeng semua elemen dalam menciptakan kamtibmas di wilayah hukum Polres Sumedang sesuai dengan amanah yang diemban di Kabupaten  Sumedang, ” ujar putra asli Sumatera ini.

Acara yang berakhir pada sekitar pukul 23.00 ini, kemudian ditutup dengan penampilan vokal grup Bhayangkari Polres Sumedang.

Editor : Raden Erik
Reporter : Usep Jamaludin


Share and Protect
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *