Mei 13, 2021

Share and Protect

Kapolres Sumedang Punya Cara Unik Dalam Mensosialisasikan Protokol Kesehatan

Kapolres Sumedang, AKBP Eko Prasetyo Robbyanto tengah naik sebuah delman dalam peluncuran Delman Protokol Kesehatan di alun alun Sumedang, Selasa (26/01/2021).

Share and Protect
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Kapolres Sumedang, AKBP Eko Prasetyo Robbyanto tengah naik sebuah delman dalam peluncuran Delman Protokol Kesehatan di alun alun Sumedang, Selasa (26/01/2021).

Sumedang, medkom.id – Dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19, Polres Sumedang melakukan berbagai terobosan baru untuk mensosialisasikan protokol kesehatan kepada masyarakat.

Selain penegakan aturan dan pengawasan melalui operasi yustisi yang rutin dilakukan setiap hari, Polres Sumedang tetap melakukan pendekatan yang humanis kepada masyarakat.

Salah satu bentuk inovasi dalam sosialisasi protokol kesehatan ini adalah dengan menghadirkan sarana berupa kendaraan tradisional yang disebut Delman Protokol kesehatan yang diluncurkan pada hari Selasa (26/01/2021) di hadapan Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol. Erdi A. Chaniago S.I.K., M.Sia, Waka Polres Kompol  Rita Suwadi S.H., S.I.K., M.M., Kodim 0610/Sumedang,  Kejari Sumedang, Sat Pol PP Sumedang, serta Dishub Sumedang.

Dalam acara Launching tersebut,  Kapolres Sumedang, AKBP Eko Prasetyo Robbiyanto, menuturkan Delman Protokol Kesehatan ini nantinya akan digunakan untuk berkeliling kota Sumedang.

Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol. Erdi A. Chaniago menerangkan, sarana transportasi delman yang sebelumnya dikenal sebagai kendaraan tradisional dengan usungan seekor kuda itu, kini disulap menjadi sebuah sarana untuk mengkampanyekan hidup sehat kepada masyarakat Sumedang.

“Delman tersebut dilengkapi dengan sound system yang memperdengarkan berbagai lagu lagu bertema protokol kesehatan yang enak didengar.” kata Kompol. Erdi A. Chaniago.

Pak polisi dan super hero menggabungkan kekuatan untuk melawan virus Covid-19 dalam sosisalisasi protokol kesehatan di Sumedang, Selasa (26/01/2021).

Yang menarik, beberapa tokoh super hero akan turut berkeliling dalam delman tersebut untuk memberikan sosialisasi kepada masyarakat.

Sebelum hadirnya delman unik ini, pihak Polres Sumedang menggunakan armada angkutan kota (angkot) untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat. Program angkot yang dikhususkan untuk sosialisasi protokol kesehatan ini pernah diluncurkan beberapa waktu lalu.

Namun kemudian, disebabkan oleh beberapa alasan, kendaraan roda empat tersebut dianggap kurang efektif dalam penggunaannya.

“Setelah kita kaji, ternyata laju kendaraan angkot terlalu cepat. Sehingga terkadang, pesan layanan masyarakat tentang protokol kesehatan tidak tersampaikan secara penuh.” ujar AKBP Eko Prasetyo.

Memang pada penerapannya, kendaraan angkot dirasa sedikit terlalu cepat lanjunya jika dijadikan sarana sosialisasi. Masyarakat hanya bisa mendengar pesan secara selewat saja.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, akhirnya Polres Sumedang berupaya mencari alternatif lain, agar pesan layanan yang dimaksud bisa diterima dan dipahami oleh masyarakat.

“Untuk itu kemudian kita melakukan inovasi dengan kendaraan lain berupa Delman Protokol Kesehatan. yang kita gabungkan dengan berbagai tokoh tokoh super hero, agar pesan tentang protokol kesehatan ini juga dapat menjangkau segala umur.”lanjutnya.

Menurut Kapolres, saat ini pihaknya tengah merancang unit delman yang akan dilengkapi dengan sirine dan pengeras suara khas kepolisian.

Kegiatan delman protokol kesehatan ini nantinya akan di laksanakan keseluruh kecamatan di Kabupaten Sumedang.

“Ini tergantung dari analisa daerah mana yang mengalami peningkatan kasus konfirmasi posistif Covid-19. Nanti kita akan dorong delman dan para super hero ini ke kecamatan tersebut.” terang Kapolres lagi.

“Namun untuk sementara ini, kita akan fokuskan di tengah kota, yakni di alun alun Sumedang.” pungkasnya.

Disela acara peluncuran delman protokol kesehatan ini, Kapolres Sumedang sempat memberikan bantuan sembako kepada para tukang becak yang mangkal di alun alun Sumedang. Menurut Kapolres, bantuan ini dimaksudkan untuk sedikit meringankan beban hidup dari tukang becak yang saat ini mengalami dampak covid 19.

Editor : Raden Erik


Share and Protect
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •