Ini Perilaku Konsumen Barang Second Saat Belanja Online

Share and Protect
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

JAKARTA, KOMPAS.com – Sebagai pelaku bisnis iklan baris digital selama beberapa tahun terakhir, OLX mengamati bagaimana perilaku konsumen yang mencari barang bekas di lapaknya.

OLX membeberkan bahwa selama ini sebagian besar pembeli terlebih dahulu menjelajah dunia maya mencari barang-barang yang hendak dibelinya dan membandingkan dengan barang sejenis sebelum memutuskan untuk membeli atau tidak.

“Biasanya yang kami lihat, pengguna atau pembeli, mereka membandingkan harga dulu, browsing dulu. Search, filter, bahkan mereka melakukan random browsing,” kata Chief of Operation and Data Science Officer OLX, Doan Siscus Lingga, dalam wawancara dengan Kompas.com, Rabu (6/12/2017).

Setelah mencari dan menemukan beberapa barang yang sesuai kriterianya, pembeli disebut akan langsung menghubungi penjual atau pengiklan untuk bertanya lebih lanjut. Namun, penjual yang dihubungi tidak hanya satu, bisa dua atau lebih supaya calon pembeli bisa mendapatkan gambaran utuh mengenai barang yang akan dibeli.

“Untuk memastikan juga barang mana yang bisa dinego harganya,” tutur Doan.

Sampai saat ini, OLX memiliki fitur pencarian barang berdasarkan jarak dengan satuan meter hingga kilometer. Ke depan, OLX mengaku akan mengembangkan platformnya supaya sistem bisa menganalisa kebutuhan kemudian menampilkan barang-barang yang mewakili minat calon pembeli sebelum mereka mencarinya sendiri di kolom pencarian.

“Gimana kami bisa provide content yang relevan buat orang per orang, membuat produk kami semakin cerdas agar kami tahu apa yang users mau sebelum dia tahu. Mereka merasa, ini produk pas dengan saya,” ujar Doan.

ANDRI DONNAL PUTERA
Sumber : www.kompas.com


Share and Protect
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *