Mei 8, 2021

Share and Protect

Hati – hati !! Inilah Tanda Handphone Anda Telah Dibajak

Share and Protect
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Seorang anggota DPRD di Jombang, menjadi korban pembajakan nomor handphone. Korban mengaku bahwa nomor ponselnya telah dibajak oleh orang yang tidak bertanggungjawab. Korban menduga bahwa nomor hp nya tersebut  telah digunakan untuk menipu orang lain dengan mengatasnamakan dirinya. Menurut korban, salah satu yang ikut tertipu adalah anaknya sendiri yang  sudah mentransfer uang Rp 2 juta ke rekening pelaku penipuan.

Kemajuan teknologi membuat segala sesuatu menjadi lebih mudah, namun akan selalu ada oknum – uknum yang menggunakan kemudahan tersebut untuk melakukan hal – hal tidak terpuji yang bisa merugikan orang lain. Untuk itu anda pun harus waspada untuk menatisipasi hal tersebut.

Dibawah ini kami sajikan beberapa ciri khas yang menunjukan bahwa nomor handphone atau perangkat smartphone anda telah dibajak:

1. Pop-up yang Terus Muncul

Lima Tanda Handphone Diretas Hacker

Kamu diwajibkan untuk curiga apabila tiba-tiba ketika menggunakan Android, ada iklan atau pesan yang muncul secara pop-up. Apabila kamu menemukannya ketika sedang membuka aplikasi atau game gratis tertentu, maka itu bukan masalah yang besar. Permasalahan baru terjadi apabila kamu menemukan iklan atau pesan pop-up tersebut hadir ketika tidak melakukan apa-apa, seperti sedang stand-by di launcher atau sedang membuka aplikasi chat yang biasanya memang tidak pernah memunculkan pop-up apapun.

 

2. Kuota Boros Secara Tiba-Tiba

Lima Tanda Handphone Diretas Hacker

Setiap aplikasi yang menggunakan internet pasti akan terekam di Data Usage. Fitur yang dimiliki oleh Android ini jelas sangat membantu kamu untuk mencari aplikasi di luar kewajaran yang menggunakan akses internet secara masif.
Seharusnya, apabila Android kamu sedang terjangkit virus atau malware tertentu yang menampilkan pesan atau iklan pop-up, maka ia akan muncul di statistik data usage tersebut. Jika benar ada, kamu bisa menghapusnya dengan mudah tanpa harus berspekulasi lagi.

 

3. Melacak Keylogger di Android

Lima Tanda Handphone Diretas Hacker

Kami pernah memberikan kamu informasi mengenai cara menyadap HP Android menggunakan keylogger. Nah cara tersebut walaupun dapat menyembunyikan apilkasi perekam ketikan keyboard, namun bukan berarti tanpa celah.
Setiap aplikasi yang mengkonsumsi baterai pasti akan terekam di bagian Settings > Battery di HP kamu. Jika benar HP kamu sedang terpasang aplikasi keylogger, maka ada kemungkinan aplikasi tersebut hadir di list battery walaupun bukan di urutan atas.

Oh iya, untuk beberapa aplikasi Android tertentu, mereka bahkan menggunakan keyboard custom untuk merekam keystroke atau ketikan yang selama ini dilakukan. Maka dari itu, coba kamu cek apakah keyboard yang kamu gunakan merupakan keyboard default atau bukan melalui bentuk visual yang berbeda.

 

4. Periksa Aplikasi Untuk Mengetahui Hal yang Mencurigakan

Lima Tanda Handphone Diretas Hacker

Langkah ini juga dikenal jitu untuk mencari tahu apakah ada aplikasi tidak diinginkan yang hadir di Android. Kamu bisa buka Settings > Apps untuk memeriksa daftar seluruh aplikasi yang ada di HP. Melalui list tersebut, tentu saja jika kamu jeli, maka akan ada aplikasi asing yang mungkin saja selama ini merekam segala gerak-gerik aktivitas HP kamu.

 

5. Notification Bar Juga Bisa Jadi Sasaran Empuk

Lima Tanda Handphone Diretas Hacker

Jangan salah, selain melalui pop-up yang mengganggu, HP kamu bisa saja terjangkit oleh malware yang bertengger di notification bar dalam bentuk iklan. Masih syukur apabila iklan tersebut bisa dihilangkan dengan cara menggesernya ke pinggir layar. Namun ada juga malware yang membuat aplikasinya berstatus persistent sehingga tidak bisa dihapus melalui notification bar.

Saran untuk menghilangkan gangguan seperti ini, cek game gratis apa saja yang sudah kamu install dan apakah kamu pernah install aplikasi atau game selain dari tempat-tempat terpercaya seperti Google Play Store.

Editor     : Erix Right
Sumber  : FaktualNews.co

Share and Protect
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •