Akhirnya Mourinho Diusir Dari Old Trafford Markas MU

Share and Protect
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Jakarta – Manchester United resmi memecat sang manajer  Jose Mourinho menyusul hasil negatif yang dialami Setan Merah di berbagai ajang di pertengahan musim ini.

Pihak klub dalam Twitter resminya telah mengumumkan bahwa manajer asal Portugal tersebut telah meninggalkan Old Trafford.

“Manchester united telah mengumumkan Jose Mourinho telah meninggalkan klub. Kami ingin mengucapkan terima kasih atas pekerjaannya selama di Manchester United dan berharap dia sukses di masa depan,” demikian bunyi pernyataan klub di Twitter.

Sebelumnya, Mourinho diklaim bisa menerima dana kompensasi mencapai £24 juta atau setara RP441 miliar apabila dewan direksi Man United segera memecatnya.

Dana kompensasi sebesar itu disebut sebagai salah satu pertimbangan yang membuat pemilik klub Setan Merah, Joel dan Avram Glazer, sempat enggan memecat pelatih asal Portugal itu.

Sejumlah desakan dari fan dan mantan pemain kepada pemilik klub agar segera mendepak Mourinho kembali mencuat setelah Setan Merah ditaklukkan Liverpool 3-1 di Stadion Anfield, Minggu (16/12).

MU saat ini masih tertahan di peringkat keenam hingga pekan 17 Liga Inggris 2018/2019 atau terpaut 19 poin dari Liverpool yang berada di puncak klasemen. Pihak klub akhirnya mendepak sang manajer pada Selasa (18/12).

Sedikitnya ada lima kandidat potensial untuk menggantikan Mourinho di Old Trafford , yang diprediksikan oleh  media di Inggris.

1. Zinedine Zidane

Mantan pelatih Real Madrid ini berada di urutan teratas dalam bursa pelatih pengganti Mourinho. Sejak meninggalkan Bernabeu pada Mei lalu, Zidane memang paling santer dikaitkan ke MU.

Pria asal Prancis itu dianggap sebagai pelatih langka yang sukses menjadi pemain sekaligus pelatih hebat. Terbukti dengan raihan tiga gelar Liga Champions secara beruntun saat melatih Real Madrid.

2. Mauricio Pochettino

Manajer Tottenham Hotspur, Mauricio Pochettino, dikabarkan sudah masuk radar manajer MU sejak 2016. Kabar ini mencuat setelah Pochettino kedapatan sedang makan siang bersama Ferguson di restoran Mayfair pada tahun 2016.

Sejumlah tokoh berpengaruh di MU juga dikabarkan mengagumi filosofi Pochettino yang sukses mengorbitkan pemain muda sama seperti yang dilakukan Ferguson. Namun, ambisi MU akan mendapat adangan dari bos Tottenham, Daniel Levy.

3. Didier Deschamps
Kendati bukan pemain ‘stylish’ di antara pemain Prancis lainnya, tak ada yang menyangkal prestasi Deschamps sebagai salah satu pelatih terbaik usai mengantar Les Bleus menjuarai Piala Dunia 2018.

4. Laurent Blanc
Mantan pemain timnas Prancis ini memiliki rekam jejak manis ketika menghabiskan dua musim terakhirnya di Manchester United. Ia sukses memenangi Liga Primer Inggris di bawah pimpinan Sir Alex Ferguson.Penggemar United di masa lalu mungkin akan mengingatkan Deschamps kepada mantan pemain mereka, Eric Cantona. Kedua pemain ini merupakan gelandang penghubung yang cemerlang di zamannya.

Setelah sukses mengantar Bourdeaux juara Liga 1 2008/09, Blanc juga bersinar saat membesut Paris Saint Germain. Ia berhasil meraih 11 gelar bersama PSG termasuk tiga gelar Ligue 1 Prancis.

Blanc memang telah dua tahun menganggur dari dunia kepelatihan profesional, namun ia dipercaya bisa membawa atmosfer sepak bola menyerang nan atraktif seperti yang dirindukan fan United.

5. Ryan Giggs

Giggs merupakan satu di antara pemain legendaris Man United dengan rekor 963 penampilan di sepanjang 1991-2014. Pria asal Wales ini juga pernah menjabat pelatih interim setelah David Moyes dipecat ditambah dua tahun menjadi asisten Louis van Gaal.

Pria yang dikenal dengan gocekan kaki kiri aduhai tersebut meninggalkan staf kepelatihan United sejak kedatangan Jose Mourinho pada 2016. Giggs kini kembali dikaitkan untuk menangani Man United meski terbilang masih minim pengalaman. (jun)

 

Sumber : CNNIndonesia.com


Share and Protect
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *